RajaBackLink.com

Disparpora Atim Gelar Sosialisasi pemberdayaan masyarakat sadar wisata serta pengukuhan Kelompok Sadar Wisata

Star 7tv.com Aceh

Aceh Timur — Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Aceh Timur Syahril, S.STP, M.AP mengukuhkan kelompok sadar wisata di Gampong Alue Nyamok, Kecamatan Birem Bayeun kabupaten Aceh Timur, Kamis 7/9.

Kegiatan ini juga dikemas dengan sosialisasi pemberdayaan masyarakat Dasar wisata dan pengukuhan kelompok sadar wisata. Kegiatan ini juga merupakan implementasi tindak lanjut dari aksi perubahan dari Kepala Bidang Pariwisata Hayatul Ridha selaku action leader yang sedang mengikuti pelatihan kepemimpinan administrator.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda olahraga Syahril, S.STP, M.Ap mengatakan pembangunan sektor pariwisata memerlukan dukungan dan keterlibatan semua pemangku kepentingan. Salahsatu unsur didalamnya yaitu keterlibatan peran masyarakat.

“Peran masyarakat sebagai subjek (pelaku) akan menentukan keberhasilan pengembangan wisata dalam jangka panjang. Maka Pembangunan sektor wisata harus dilakukan secara bersinergi antara masyarakat dan pemerintah sehingga potensi wisatanya benar – benar terkelola dengan baik,” kata Syahril.

Syahril menjelaskan pengembangan desa wisata merupakan model pembangunan

pariwisata yang mengkolaborasikan fungsi pemberdayaan masyarakat sebagai pelaku.

Menurut Syahril pengembangan desa sebagai upaya untuk melestarikan memberdayakan potensi keunikan budaya lokal dan nilai- nilai kearifan lokal yang ada ditengah masyarakat seiring berkembangnya arus yang globalisasi.

“Kearifan lokal menjadi kunci masyarakat yang bermartabat sehingga pengembangan desa wisata tetap memegang nilai – nilai luhur khas masyarakat desa,” katanya.

Sementara itu Kadisparpora juga mengapresiasi aparat dan masyarakat Gampong Alue Nyamok dalam mengikuti acara sosialisasi masyarakat sadar wisata.

“Harapan saya gampong Alue Nyamok menjadi pilot project desa wisata di kabupaten Aceh Timur, dengan mengembangkan destinasi wisata nya Air Terjun Sendang Sari dapat menarik wisatawan berkunjung,” kata Syahril

Selain itu Syahril berharap kegiatan sosialisasi ini menjadi semangat baru untuk masyarakat Alue Nyamok. “Semoga dalam pembentukan desa wisata ini dapat berefek pada pertumbuhan ekonomi masyarakat,” demikian tutup Syahril.

Turut hadir dalam kegiatan ini unsur Muspika Kecamatan Birem Bayeun, Munawar Khalil selaku ketua desa wisata Aceh yang juga sebagai fasilitator pada acara ini dan didampingi oleh Nasruddin,S.Pd.M.Pd dari Disbudpar Aceh. Acara ini juga diikuti oleh masyarakat dengan mempresentasikan hal- hal yang menjadi kekuatan,kelemahan, peluang dan ancaman yang selama ini dirasakan dalam pengembangan pariwisata.(***)l

 





Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *