H Endang Masroni SH.MH (Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Kalbar) : Mari bersama jaga persatuan dan kesatuan

 

Star7tv.com |Pontianak – kalbar Mengatakan pernyataannya pada wawancara singkatnya H Endang Masroni SH.MH (Tokoh Warga Kota Pontianak) pada Selasa, 6 Desember 2023 Bahwa saat ini kita sudah memasuki tahun panasnya politik. Puncak Star lewat berbagai Prasarana Media untuk penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu) baik pemilihan presiden (pilpres), pemilihan kepala daerah (pilkada) baik provinsi dan kabupaten kota, serta pemilihan legislatif (pileg) yang akan dilaksanakan pada 2024 mendatang.

 

Menyongsong pesta demokrasi lima tahunan akan datang saya mengharapkan pada seluruh pemuda warga masyarakat Kalbar khususnya warga masyarakat Kota Pontianak Kalbar agar tetap menjaga kedamaian daerah dengan tetap menjaga persatuan dan kesatuan walaupun berbeda pandangan pada pilihannya masing-masing.

 

Tetap Jaga Persatuan dan kesatuan pada Pilpres Mendatang ialah kewajiban utama untuk kita bersama

Memaknai arti persatuan dalam kehidupan keseharian adalah salah satu elemen yang paling penting dalam kehidupan berbangsa serta Ber-Negara. Karena setiap negara memiliki masyarakat yang berbeda baik dari suku, budaya, agama, kepercayaan serta pada para detailnya.

 

Untuk kita yang tebaik kita pahami dan berempati dari berbeda-bedanya, akhlak tabiat antar sesama warga masyarakat dalam suatu daerah harus mampu untuk menjaga toleransi. Yang bertujuan tentunya agar tidak muncul konflik antar masyarakat dan tidak menimbulkan keretakan pada persatuan bangsa dan negara.

 

Oleh karena itu, satu komitmen dalam usaha diperlukan untuk menjaga persatuan mutlak adalah hal yang penting untuk diterapkan dalam kehidupan keseharian kita.

 

Untuk itu lantas, apa saja komitmen untuk menjaga persatuan bangsa? Untuk penjelasannya dari ulasan saya sebagai berikut.

 

Memahami dan mengerti akan Artinya Persatuan dan Kesatuan

Persatuan dan kesatuan berasal dari satu kata yang memiliki arti kata yang utuh atau tidak terpecah-belah. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Persatuan artinya merupakan gabungan dari beberapa bagian yang telah bersatu secara utuh. Atau bisa juga Perserikatan atau Serikat. Sementara kesatuan adalah perihal satu, yang bermakna Ke-esaan, Adapun satuan dan yang bersifat tunggal.

 

Kesatuan dapat pula diartikan, sebagai hasil dari persatuan yang telah tertanam dalam jiwa kita agar mengakar dengan kuat pada diri kita

 

Dari pengertian kesatuan dan persatuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa persatuan dan kesatuan memiliki makna bersatunya berbagai bangsa dengan keberagaman dan perbedaan bahasa, suku, adat istiadat dan agama yang mendiami suatu wilayah di Indonesia khususnya Kota Pontianak hingga pelosok untuk tetap menjaga kebersamaan hingga keberagaman dan perbedaan tersebut tidak menjadi sesuatu Anomali dalam keseharian terapkan untuk selalu menjaga dan membudayakan persatuan hingga persatuan akan menjadi satu kesatuan bulat, utuh serta serasi.

 

Bagi kita warga Masyarakat Indonesia terkhusus warga Kota Pontianak Kalbar agar “Persatuan dan Kesatuan dapat dimaknai secara detail dalam keseharian kita agar bangsa Indonesia tidak mudah terpecah belah. Persatuan serta kesatuan sangatlah penting untuk dapat mempertahankan memaknai kemerdekaan yang berdaulat serta kedaulatan suatu bangsa. Selain itu, persatuan serta kesatuan bagi bangsa Indonesia juga melambangkan sebagai terbentuknya Kedamaian NKRI Pada saat Pemilihan Presiden dan pemilihan para kepala daerah dan legislatif 2024 Mendatang walau berbeda pandangan hendaknya kita tetap menjaga kebersamaan yang selama ini sudah kita jaga bersama. Sebab Negara kita jelas nyata terbentuk dari persatuan dan kesatuan atas persamaan yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia berupa budayanya antar daerah dari beberapa wilayah diKalimantan-Barat, juga Sifat tabiat sampai pada prinsip-prinsipnya dari individu kita masing-masing.

 

Menambahkan ungkapannya Endang Masroni juga menjelaskan Persatuan dan kesatuan pun telah tertuang dalam dasar negara yaitu Pancasila. Jelas tertulis Pada sila ke 3 (tiga) dalam butiran Pancasila, yang berbunyi “Persatuan Indonesia”. Artinya, bangsa kita Indonesia yang Besar tidak boleh terpecah belah baik suku agama dan budaya pada kita warga masyarakat Besar Kabupaten Putusibau tidak boleh terpecah belah oleh apapun itu dan sadar bahwa kita harus berusaha untuk mempertahankan kesatuan serta persatuan yang telah ada dan telah diperjuangkan selama ini dan semoga dari ungkapan saya ini dapat membuat kita tetap menjunjung tinggi dan selalu menjaga Persatuan dan Kesatuan guna menjaga kebersamaan pada menjelang Pilpres Mendatang dan Agus Harimurti Yudoyono insya Allah Presiden kita pungkasnya**

 

Dituliskan:

Rusman Haspian Al-Banjari

 

Publis : Rinto Andreas

 





Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *