RajaBackLink.com

Bersama Satgas dan Muspika, Kecamatan Idi Timur Laksanakan Vaksin PMK 

Star 7tv.com Aceh

Aceh Timur- Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak menjadi perhatian khusus baik bagi pemerintah pusat yang mengintruksikan seluruh daerah segera mengantisipasi dengan pencegahan berupa pemberian vaksin kepada hewan ternak khususnya lembu.

Pemerintah pusat melalui kementerian pertanian berupaya menyediakan stock vaksin sebagai kebutuhan untuk kepentingan seluruh Daerah.

Menurut informasi didapat, Dinas Pertanian Aceh sendiri telah menyerahkan 25 ribu dosis kepada 23 Kabupaten dan Kota.

Kabupaten Aceh Timur melalui Tim Satgas Penanganan PMK-nya dibantu dengan Muspika sedang gencar-gencarnya melakukan berbagai upaya pencegahan diantaranya melakukan pemberian dosis vaksin kepada hewan ternak masyarakat.

Di Kecamatan Idi Timur misalnya, pada pagi hari tadi Rabu, 27 Juli 2022 Satgas Penanganan PMK Kabupaten Aceh Timur yang sebagai pelaksana teknisnya adalah dari Dinas Perkebunan dan peternakan yaitu Kepala Puskeswan , drh. Burdah dan didukung penuh oleh Muspika setempat melaksanakan kegiatan Penyuntikan dosis Vaksin.

Dosis vaksin diberikan kepada hewan ternak milik mayarakat yang belum terkena penyakit PMK di Desa Matang Rayeuk PP dan dibeberapa Desa lainnya diwilayah Kecamatan Idi Timur.

Demi suksesnya program vaksin ini, Para pimpinan tingkat Kecamatan terjun langsung ke lapangan untuk mendampingi Tim Satgas Penanganan PMK Kabupaten Aceh Timur.

Selain itu para pimpinan Muspika dengan bersemangat memberi arahan -arahan kepada masyarakat terkait pengetahuan bagaimana caranya melakukan pencegahan dini agar tidak terserang Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak milik masyarakat.

Dalam kegiatan tersebut, Camat Idi Timur, Irwansyah Panjaitan mengucapkan ribuan terima kasih Kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Timur khususnya Pj. Bupati Mahyuddin yang telah membantu Vaksin kepada masyarakat.

“Saya sebagai Camat Idi Timur mewakili masyarakar mengucapkan ribuan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Timur khususnya kepada Bapak Mahyuddin yaitu Bapak Pj. Bupati yang telah membantu vaksin kepada masyarakat sehingga masyarakat sangat terbantu sehingga ternak-ternak warga dijauhkan dari penyakit Mulut dan Kuku.

Sebelum kegiatan vaksin ini juga Pemerintah Kabupaten melalui Satgas dan Dinas terkait telah mengupayakan mengobati ternak masyarakat yang telah terkena PKM sehingga dapat meminimalisir kematian hewan ternak masyarakat”. Jelas Irwansyah kepada media ini.

Ditempat yang sama Danramil 05/IDR , Kapten Inf.Noverlan menjelaskan kepada media ini bahwa kegiatan yang merupakan kepedulian Pemerintah tersebut sangatlah tepat dan sangat membantu masyarakat yang memiliki hewan ternak agar tidak terkena wabah PMK juga upaya pemerintah untuk mengobati hewan ternak yang sudah terkena wabah PMK.

Terlebih dengan pemetaan dan berbagai informasi yang di himpun oleh Satgas dan pihak terkait lainnya terkait PKM didesa-desa. Yang cenderung mewabah sehingga segera dilakukan antisipasi. Seperti yang sedang gencar-gencarnya dilakukan Pemerintah saat ini baik dengan vaksin maupun pengobatan bila terkena penyakit

Tim Satgas beserta Muspika yang hadir dalam kegiatan vaksin di beberapa Desa tersebut sebut adalah Camat Idi Timur Irwansyah Panjaitan, SE, Danramil 05/IDR Kapten. Inf.Noverlan, Kapolsek Idi Rayeuk AKP. Soeharto, SH, Kepala Puskeswan Idi Rayeuk, drh. Burdah yang membawahi Wilayah kerja Idi Rayeuk, Idi Timur, Idi Tunong, Banda Alam, Darul Ihsan serta para anggota Satgas dan Para Geuchik.

-Nazaruddin-

(Korwil Aceh)

 

 





Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *