RajaBackLink.com

UPZ Baznas Masjid Nurul Khalifah Samata Khitanan Massal untuk Warga Kurang Mampu

 

Star7tv.com -Gowa- Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Masjid Nurul Khalifah, Borong Raukang, Kelurahan Samata Kecamatan Somba Opu menggelar Khitanan Massal di Masjid Nurul Khalifah, Borong Raukang, Kelurahan Samata, Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan Minggu (17/7/2022).

 

Ketua UPZ Baznas Masjid Nurul Khalifah, Borong Raukang, Kelurahan Samata, Safri Arif mengatakan kegiatan khitanan ini dikhususkan bagi masyarakat tidak mampu, yatim piatu, dhuafa serta warga sekitar masjid.

 

“Tujuan kami melaksanakan ini tiada lain untuk membantu meringankan beban masyarakat yang kurang mampu dalam melaksanakan salah satu syariat Islam,” ujarnya.

 

Namun yang terpenting kata Safri Arif Khitan ini adalah salah satu Syariat dalam Agama Islam dan merupakan perintah dari Allah SWT dalam Al Quran Surah An-Nisa ayat 125 yang memerintahkan Nabi Muhammad SAW agar mengikuti ajaran Nabi Ibrahim AS.

Nabi Rasulullah SAW juga bersabda : “Buanglah darimu buku (rambut) kekufuran dan berkhitanlah yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Abu Dawud,” ungkapnya.

 

Dirinya menambahkan kegiatan ini sangat antusias diikuti oleh masayarakat. Hal ini terlihat dari jumlah pedaftar yang cukup banyak, mencapai 130 pendaftar dari target 40 orang.

 

“Perencanaan awal target hanya 40 anak, namun di luar dari target hingga 130 anak. Alhamdulillah kegiatan ini bisa terlaksana berkat partisipasi warga, panitia dan donatur para sponsor yang membantu kita,” tambahnya.

 

Sementara Itu, ketua Badan Amil Zakat National (Baznas) Kabupaten Gowa, Abbas Alauddin menyambut baik kegiatan ini. Menurutnya kegiatan ini tentu akan sangat membantu masyarakat sekitar yang kurang mampu. Dirinya menyebutkan bahwa banyak orang tua yang belum menyunat anaknya lantaran tidak ada biaya.

 

“Seperti kegiatan ini masyarakat kurang mampu merasa terbantu, karena ada masyarakat yang anaknya lama baru disunat karena tidak ada dana. Tadi yang disampaikan dari tagret itu sudah melampaui target, itu tandanya masyarakat antusias dan menunggu kegiatan ini” ungkapnya.

 

Dirinya juga menyebutkan bahwa harus bahu membahu dalam melakukan kegiatan sosial untuk kepentingan ummat. Persatuan dan kesatuan, Ukhuwah, kebersamaan dan solidaritas untuk membantu antar sesama harus dilakukan terus menerus karena termasuk perintah agama.

 

“Kita harus membangun sinergitas bermasyarakat dan bernegara, membangun silahturahmi, gotong royong dalam melakukan kegiatan sosial,” harap mantan Wakil Bupati Gowa ini.

 

Salah seorang warga Kelurahan Samata, Nirwana, mengaku sangat terbantu dengan adanya khitanan massal yang dilkukan secara gratis ini.

 

“Kegiatan khitanan massal ini sangat bermanfaat karena tanpa biaya dan terjangkau dan meskipun saya di luar dari kompleks BSP ini tapi tetap diterima,” ungkapnya. (Kul indah)

 





Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *