RajaBackLink.com

Polsek Cijaku Polres Lebak Memberikan Pelatihan Dan Pembinaan Kepada Satlinmas Se-Kecamatan Cijaku

Polsek Cijaku Polres Lebak Memberikan Pelatihan Dan Pembinaan Kepada Satlinmas Se-Kecamatan Cijaku

star7tv.com – LEBAK – Dalam rangka peningkatan peran serta Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), Pemerintah Kecamatan Cijaku Kabupaten Lebak Polsek Cijaku Polres Lebak menyelenggarakan kegiatan Pembinaan dan pelatihan Linmas (Perlindungan Masyarakat) bertemapat di Lapangan Apel Kecamatan Cijaku. Selasa (28/06/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekmat Kecamatan Cijaku, Kasi Trantib Kec. Cijaku, Komandan Pos Mil Kecamatan Cijaku dan para peserta yang merupakan personil Linmas dari tiap Desa se-Kecamatan Cijaku Kabupaten Lebak. Dalam kegiatan tersebut diikuti sebanyak 60 orang personil Linmas desa se-Kecamatan Cijaku.

Dalam kesempatan tersebut Kanit Sabhara Polsek Cijaku Polres Lebak Bripka Suharta menyampaikan arahan kepada anggota Satlinmas bahwa satlinmas adalah organisasi yang dibentuk oleh pemerintah desa/kelurahan yang beranggotakan warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial masyarakat.

Lebih lanjut Bripka Suharta menjelaskan, fungsi dari Linmas itu sendiri adalah membantu memelihara dan meningkatan kondisi serta tata tertib di kalangan masyarakat, membantu masyarakat menanggulangi dan mengurangi akibat yang ditimbulkan oleh gangguan keamanan dan bencana alam yang dapat mengakibatkan kerugian jiwa dan harta benda.

“Membantu membina masyarakat untuk mempertinggikan kesadaran hukum, daya tahan serta daya lawan masyarakat dalam mencegah dan menghadapi segala macam pelanggaran dan kejahatan,” terangnya.

“Ada pun tugas Satlinmas yang lain, yakni membantu pemerintah daerah, kepolisian dalam harkamtibmas, perbantuan kepada TNI dalam upaya pertahanan negara, dan perbantuan dalam kegiatan sosial kemasyarakatan di desa atau Kelurahan,” lanjutnya.

Setelah memberikan arahan Bripka Suharta bersama Dan Pos Mil Kecamatan Cijaku Serma Iwan melatih kemampuan baris berbaris kepada anggota satlinmas Se-Kecamatan Cijaku.

Kapolres Lebak Polda Banten AKBP Wiwin Setiawan SIK,.MH melalui Kapolsek Cijaku AKP Kasih Suparja berharap dengan adanya pelatihan dan pembinaan tersebut dapat meningkatkan wawasan dan ilmu untuk para personil Linmas khususnya di Kecamatan Cijaku, sehingga dalam melaksanakan tugas nantinya Linmas sudah terbekali dengan pengetahuan dasar dan pengetahuan lainnya.

“Diimbau kepada personil Linmas agar lebih peka terhadap perkembangan situasi dan keamanan di desanya masing-masing, jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat mengganggu kondusifitas kamtibmas,” ujarnya.

“Kami sangat mengharapkan kerjasama dari anggota Linmas untuk bersinergi menciptakan situasi yang kondusif,” tutupnya

(Heri)

 





Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *