RajaBackLink.com

Bupati Serang Sampaikan Kunci Kesejahteraan Buruh

star7tv.com – Serang – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah turut memeriahkan Peringatan Hari Buruh (May Day) 2022 bersama Aliansi Serikat Pekerja Serikat Buruh Kabupaten Serang dan perusahaan di Gedung PGRI Kecamatan Jawilan pada Selasa, 31 Mei 2022. Tatu juga menyampaikan tips atau kunci agar para buruh untuk menuju kesejahteraan.

Kata Tatu tentunya harapan pemerintah, harapan perusahaan dengan harapan para buruh semua yakni masyarakat Kabupaten Serang berkeinginan lebih sejahtera. Disisi lain tentunya perusahaan juga bisa terus tumbuh di Kabupaten Serang.

“Kunci utamanya adalah solid. Solid antara tiga pihak, pemerintah, buruh dan seluruh jajaran industri harus itu solid. Caranya untuk bisa solid sangat mudah, selalu membuka komunikasi di waktu-waktu yang rutin jangan berembuk dan berkomunikasi hanya ketika ada persoalan kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans),”ujar Tatu usai sambutan.

Untuk saat ini, lanjut Tatu, memang pengawasan merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten, namun pihaknya menugaskan kepada Disnakertrans Kabupaten Serang membuka diri setiap saat atau waktu yang ditentukan sesuai kesepakatan bersama. Untuk waktunya sendiri bisa setiap dua pekan atau satu bulan yang terpenting bisa berkumpul duduk bersama

“Jadi ketika mereka duduk bersama antara buruh dengan pihak perusahaan dan pemerintah di sana ada persoalan langsung bisa diselesaikan, dan ada solusinya. Jadi Insya Allah bisa berjalan dari serikat buruh akan memfasilitasi, namanya bekerja pasti persoalan itu selalu ada,”terangnya.

Tatu menegaskan, jika pihaknya beserta jajaran Pemda Kabupaten Serang berkomitmen mengawal untuk kepentingan buruh, kepentingan industri sebagai fasilitator beserta Apindo bukan duduk ketika adanya permasalah. “Tapi alhamdulillah saya mengucapkan terimakasih kepada kawan-kawan buruh, serikat buruh, industri yang ada di Kabupaten Serang, Alhamdulilah di kabupaten Serang boleh dibilang kondusif,”ungkapnya.

*Tekan Pengangguran*

Pada masa pandemi covid-19 tidak sedikit perusahaan mengalami mati suri, tidak sedikit para buruh atau karyawan terdampak di PHK (Pemutusan Hubungan Kerja). Paska pandemi covid-19, Tatu berharap perusahaan industri bisa bangkit kembali. “Industri-industri ini sudah kelihatan menggeliat di Kabupaten Serang, dan saya meminta jajaran perusahaan memanggil kembali tenang kerja, buruh-buruh Kabupaten Serang yang sebelumnya dirumahkan (PHK) saya meminta dipanggil lagi,”ucapnya.

Olah karena itu, Tatu juga mengharapkan pihak industri atau perusahaan yang ada di Kabupaten Serang bisa membantu persoalan pengangguran di Kabupaten Serang sebanyak 12,22 persen dimana saat ini masuk peringkat ketiga di Provinsi Banten. Mengingat sebelumnya pengangguran di Kabupaten Serang peringkat peringkat kesatu tertinggi. “Jadi saya berharap kepada industri di Kabupaten Serang bisa turut menyelesaikan persoalan pengangguran yang ada di Kabupaten Serang,”ungkapnya.

Dalam peringatan May Day 2022 yang jatuh pada 1 Mei namun baru diselenggarakan saat ini lantaran bersamaan dengan Perayaan Hari raya Idhul Fitri, namun bisa terlaksana saat ini. Guna memeriahkan Hari Buruh 2022, Tatu memberikan hadir berupa door prize berupa TV LCD dan Lemari Es serta uang tunai untuk para buruh. Turut hadir perwakilan dari Polres Serang, Kodim 0602/Serang, Camat Jawilan dan ratusan buruh.

Aliansi Serikat Pekerja Serikat Buruh Kabupaten Serang, Asep Saepullah berharap pada Peringatan May Day 2022 selain menciptakan iklim industri dan buruh yang harmonis yang penuh kedamaian, namun di harap mampu menyelesaikan berbagai permasalahan di Kabupaten Serang. “Permasalahan khususnya para buruh atau pengangguran di Kabupaten Serang,”ujarnya.(Heri)

 





Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *