RajaBackLink.com

Peringati Harkitnas, Wabup Gowa : Momen Bangkit dari Pandemi Covid-19

Star7 Tv.Com, Gowa – Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni menyebut Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Ke-114 sebagai momentum untuk bangkit dari pandemi Covid-19.

Hal ini diungkapkan saat dirinya menjadi Inspektur Upacara Peringatan Harkitnas Tingkat Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan membacakan sambutan seragam Menteri Kominfo di Lapangan Upacara Kantor Bupati Gowa, Jum’at (20/5/2022).

“Hari Kebangkitan Nasional Ke-114 ini mengangkat tema ‘Ayo Bangkit Bersama’ sebagai bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi Covid-19 yang sudah melanda kita dua tahun terakhir ini,” ungkapnya.

Dirinya juga mengingatkan, Peringatan Harkitnas tersebut memiliki sejarah yang cukup panjang. Dimana pada 20 Mei 1948, Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya Perkumpulan Boedi Oetomo sebagai hari bangkitnya nasionalisme Indonesia, yang bertujuan untuk menjamin kehidupan sebagai bangsa yang terhormat dengan fokus pergerakan di bidang pendidikan, pengajaran, dan kebudayaan.

“Boedi Oetomo telah meletakkan tiga cita – cita bagi kebangkitan nasional yakni kemerdekaan cita – cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia,” jelasnya.

Olehnya ia mengaku, semangat Boedi Oetomo masih relevan untuk dikontekstualisasikan pada kehidupan berbangsa saat ini. Pasalnya di tengah krisis pandemi Covid-19, kondisi ekonomi global serta geopolitik menjadi tidak stabil. Sehingga sudah seharusnya memaknai kebangkitan nasional sebagai upaya kolektif bangsa untuk memperkuat persatuan bangsa.

“Pada sisi penanganan Covid-19 di tingkat nasional kita dapat melihat bahwa upaya menunjukkan hasil yang positif. Ditunjukkan dengan kasus baru harian di bawah 400 kasus dan total kasus aktif yang sudah dibawa angka 5000 kasus, bahkan capaian vaksinasi covid dosis kedua juga sudah mencapai 79 persen,” jelasnya.

Meskipun kasus menunjukkan hal positif, masyarakat diminta untuk terus disiplin protokol kesehatan dan menggunakan masker khususnya ketika berada dalam ruangan agar pandemi Covid-19 bisa segera berakhir.

Upacara ini turut diikuti Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kamsina, para Asisten, Staf Ahli dan pimpinan SKPD serta ASN lingkup Pemkab Gowa.

(Kul indah)

 





Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *