-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Pembelajaran Berbasis Digital adalah KODRAT JAMAN.

Wednesday | December 01, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-01T06:56:45Z
Star7tv.com Jember Rabu,1 Desember 2021.
Menurut salah satu filosofi Ki Hadjar Dewantara adalah Kodrat Zaman. Guru haruslah menyesuaikan pembelajaran dengan kondisi pada zamannya. Pada zaman sekarang yaitu zaman digital global guru harus menguasai Ilmu Teknologi (IT) dimana siswa sekarang sangat lengket dengan smartphone sehingga guru harus berusaha untuk mengarahkan siswa atau murid menggunakan smartphone untuk pembelajaran agar mereka lebih senang belajar, ungkap *Bpk Sudiarto,SPd.MPd Waka SMKN 5 Jember* pada saat memberikan materi workshop penerapan Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara di Era Digital Global yang berlangsung pada Selasa,30 November 2021 di aula Ex UPTD Pendidikan Kecamatan Sukorambi.

Lebih lanjut Sudiarto,SPd.MPd. menyampaikan bahwa aplikasi teknologi digital terkait pembelajaran softwarenya sangat mudah diperoleh diantaranya jika tidak menyebut merek atau nama softwarenya antara lain : Pengolahan Audio dan Video, Pembuatan Video Animasi, Menyimpan dan berbagi data berbasis Awan (Cloud Storage). Sedangkan aplikasi pembelajaran yang sudah banyak dikenal antara lain Adobe Audition, Corel video studio pro, video scribe, Wondershare video converter, Edu comic, dan Pengelolaan Google Drive. Pungkas Sudiarto.
Ditempat yang sama Ibu *Titik Kurniawati,SPd yang biasa disapa Nia*,  kepada Pelita Investigasi mengungkapkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis digital seperti menggunakan Sparkol Video Scribe yaitu software yang biasa digunakan dalam membuat video animasi sebagai  pendukung  media  presentasi merupakan media pembelajaran yang menarik bagi siswa. Dalam workshop ini, 

peserta yang merupakan guru SD diberi bekal tentang bagaimana cara menggunakan aplikasi ini sehingga dapat menghasilkan video pembelajaran yang menarik dan disukai oleh siswa. Harapan utama pelaksanaan workshop adalah guru dapat menerapkan penggunaan teknologi IT dalam membuat media pembelajaran berbasis digital sehingga siswa dapat merasa lebih tertarik dengan pembelajaran yang disajikan. Pungkas Nia.

Iman Mura/ Lukman







 






×
Berita Terbaru Update