-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Seorang Pelajar SMK di Sidoarjo, Pungut Sampah Untuk Biaya Sekolah

Wednesday | November 10, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-11-10T13:26:23Z
Star7tv.Com Sidoarjo – Salah Satu Siswa yang bernama Aditya Candra Glori Semesta, seorang pelajar SMK Informatika, Tulangan, Sidoarjo, rela memungut sampah di jalanan selepas pulang sekolah. Sampah tersebut dijual lagi oleh candra dan hasilnya digunakan untuk tambahan biaya sekolah.

Setiap hari, siswa kelas XII ini memungut sampah di sepanjang jalan dari Desa Kemantren, Kecamatan tulangan tempatnya sekolah hingga ke wilayah Sidoarjo Kota. Dengan menggunakan seragam sekolah, Candra tidak canggung Dan malu ketika melakukan rutinitas sehari hari yang ia lakukan sejak dua tahun terakhir.

“Uang hasil jualan saya kasihkan ibu untuk tambahan bayar sekolah sama kebutuhan sehari – hari,” ucap Candra, Rabu, (10/11/2021).

Candra tinggal bersama ibunya, Ester Yuliani di Rt. 04, Rw. 03, Desa Kludan, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo. Setiap hari ia mengayuh sepeda angin warna putih miliknya yang sudah diberi keranjang plastik di bagian belakang untuk tempat menampung sampah.

“Berangkat sekolah naik sepeda ini, karena pulang sekolah langsung cari sampah pakai sepeda ini juga,” katanya dengan nada polos.

Dalam sepekan, pelajar kelahiran Kediri, 28 Februari 2004 ini mampu mengumpulkan uang sebanyak Rp. 30,000 hingga Rp. 45,000 dari hasil penjualan sampah plastik yang ia pungut di jalan hingga pukul 16.00 WIB.

Rutinitasnya memungut sampah tidak mengurangi semangat belajar Candra. Ketika hujan, ia memanfaatkan waktu untuk membaca buku pelajaran sambil berteduh. Hal ini sengaja dilakukan Candra mengingat waktunya dirumah ia gunakan untuk memilah sampah sebelum dijual.

“Kalau pas hujan gitu saya membaca buku pelajaran sambil neduh. Karena dirumah nggak sempat belajar, harus milihin sampah sebelum dijual,” tutupnya. (vin/imam mura)





×
Berita Terbaru Update