-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Pelepasan Elang Jawa, Wabup Lebak Beri Nama Nadira

Wednesday | November 17, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-11-17T01:25:05Z

Star7Tv.com Lebak —Wakil Bupati Lebak, Ade Sumardi bersama Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) melepasliarkan se ekor Elang Jawa di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), tepatnya di wilayah Desa Majasari Kecamatan Sobang, Kabupaten Lebak , Selasa (16/11/2021).


Kegiatan pelepasliaran dilakukan dalam acara Environmental Campaign (Kampanye Lingkungan) Tahun 2021 dalam rangka memperingati Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN), Hari Cinta Pispa Dan Satwa Nasional (HCPSN) dan Hari Pahlawan.


Sebagai tanda kehormatan, sebelum dilepas, pihak TNGHS meminta Wabup Lebak agar menamai nama elang jawa betina tersebut dan Wabup Lebak menamainya dengan nama Nadira.


"Hari ini bersama-sama kita lepasliarkan elang jawa yang kita kasih nama Nadira, dan burung elang ini menjadi kekayaan alam kita sehingga bisa menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke lebak dengan kekayaan ekosistemnya" Ungkap Wabup. 


Wabup Lebak juga meminta kepada masyarakat untuk menjadi pejuang lingkungan dengan berperan aktif dalam menyelamatkan ekosistem alam dengan tidak merusak alam dan perburuan satwa dilingkungan TNGHS maupun diluar TNGHS apalagi berstatus hewan yang dilindungi.


Sementara itu Kepala Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) Ahmad Munawir menjelaskan burung elang merupakan top predator atau urutan teratas dalam rantai makanan didunia hewan, sehingga kepunahannya dapat menggangu ekosistem yang ada.


"Burung ini sudah sangat langka dialam, mungkin akibat tingkah laku kita juga manusia sebenarnya, dan alhamdulillah hari ini kita akan bebaskan kembali ke alam, merdeka di alam. Harapan kami karena dia sebagai salah satu kontek ekologi dia sebagai top predator sehingga menjadi penyeimbang ekosistem " Ungkap Kepala Balai TNGHS. 


Selain pelepasliaran elang jawa, Wabup Lebak bersama Kepala Balai TNGHS Ahmad Munawir, Para Kepala OPD Pemkab Lebak , Muspika Kec Sobang dan Lebak Gedong, Paguyuban Saija Adinda melakukan penanaman secara simbolis 1300 bibit pohon dan juga pada kegiatan tersebut dilaksanakan penandatanganan perjanjian kerjasama kemitraan konservasi antara Balai TNGHS dengan Cihambali Lestari.


Husaeri/red






×
Berita Terbaru Update