-->

Notification

×

Iklan

Iklan

LSM Lidik Apresiasi Pembangunan Homestay di Tanjung Tinggi

Friday | November 05, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-11-05T08:27:26Z
Star7tv.com Belitung Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Lembaga Swadaya Masyarakat (Lidik) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berikan apresiasi kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang telah menjalankan program peningkatan kwalitas rumah swadaya atau homestay dalam rangka mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN)

Pada pelaksanaan program homestay itu, terlihat dari pantaun LSM Lidik, bukan hanya merenovasi hunian masyarakat, tetapi juga difungsikan sebagai homestay maupun tempat usaha lain, serta perbaikan tempat fasilitas umum.

Ketua LSM Lidik Babel Samsurizal berpandangan bahwa bantuan homestay tersebut sangat bermanfaat bagi warga, apalagi saat situasi ditengah pandemi ini.

Bagi masyarakat yang tidak terdaftar penerima bantuan, namun ada juga yang mendapatkan kesempatan untuk direnovasi rumah atau tempat usahanya, seperti beberapa tempat usaha warga, ad juga perbaikan fasilitas umum dan jalan warga sekitar.

"Kami mengapresiasi program ini karena selain warga mendapatkan hunian yang layak, area hunian pun terlihat unik dengn beragam bentuk hunian homestay ciri khas melayu Belitung," ujar Bang Rijal sapaan Samsurizal.

Pembangunan sarana hunian homestay merupakan salah satu bagian dari program perumahan yang dilaksanakan oleh Kementerian PUPR. 

Di Belitung sendiri dilaksanakan di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), tepatnya di perkampungan warga Desa Tanjung Tinggi. Tujuannya untuk membuat rumah-rumah masyarakat yang tidak layak menjadi lebih layak huni sekaligus dijadikan homestay.

Hal senada disampaikan Eko salah satu warga setempat, menurutnya program homestay itu secara tidak langsung juga mendukung perekonomian masyarakat bawah di kawasan Desa Tanjung Tinggi.

"Dibangunnya homestay ini banyak berikan dampak positif, selain rumah warga terlihat bagus dan unik, sekaligus dapat mendukung perekonomian masyarakat diwilayah ini," ujar Eko. (Tim)





×
Berita Terbaru Update