-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Polisi Bantu Korban Banjir Dan Tanah Longsor Di Kab .Luwu

Monday | October 04, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-04T05:23:29Z
Star7tv.com -Gowa- Kabidhumas Polda Sulawesi Selatan Kombes Pol E. Zulpan memastikan jajaran Polda Sulsel turun tangan membantu korban banjir serta tanah longsor yang terjadi di wilayah Kecamatan Walenrang Barat dan banjir di Kecamatan Walenrang dan Walenrang Timur serta wilayah lainnya, (4/10/2021) pukul 17.00 wita. Aparat Polri membantu warga membersihkan material longsor, aparat Kepolisian juga menyalurkan bantuan makanan ke para korban.

Selain itu kata E. Zulpan, jajaran Polres Luwu juga terus melakukan konsolidasi dengan TNI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan para relawan. Konsolidasi ini untuk mempercepat pemberian bantuan kepada para korban bencana alam di wilayah hukumnya.

Diketahui, banjir dan longsor tersebut akibat curah hujan yang sangat deras di wilayah Kec. Walenrang barat dan Walenrang sehingga air sungai Lamasi meluap dan menghanyutkan bangunan dan menggenangi rumah warga yang ada disepanjang daerah bantaran sungai Lamasi yang terbentang dari Kec. Walenrang Barat sampai Kec. Walenrang Timur.
Kabidhumas Polda Sulsel Kombes Pol Zulpan mengatakan bahwa akibat curah hujan yang sangat tinggi dan cuaca extrim saat ini yang mengakibatkan banjir dan longsor di wilayah walenrang.

"Jadi Polres Luwu dan jajarannya sudah berkordinasi dengan Pemerintah Kecamatan dan dengan tim dari Dinas BPBD untuk pendataan warga yang terdampak untuk segera diberikan bantuan, ujar E. Zulpan.

Kombes Pol E. Zulpan melanjutkan bahwa Personil Polsek Walenrang dan Sat Lantas Polres Luwu juga sudah turun lapangan untuk membantu warga yang terdampak dan mengatur arus lalu lintas.

"Personil Polri juga terus memantau kondisi jembatan sungai Lamasi yang menghubungkan jalan trans Sulawesi", lanjut E. Zulpan.

Diketahui juga bahwa Wakil Bupati Luwu Syukur Bijak telah menurunkan satu unit alat berat Excavator untuk penanganan tanah longsor di Kec. Walenrang Barat.

"Ya kami imbau seluruh masyarakat yang rumahnya di sekitar aliran sungai agar lebih mawas diri. Selain itu, masyarakat juga harus ikut menjaga aliran sungai, khususnya tidak membuang sampah di aliran sungai tersebut agar tidak terjadi penyumbatan yang dapat mengakibatkan banjir", terang E. Zulpan.

Kabidhumas juga mengatakan Saat ini jajaran Polres Luwu, TNI, Pemda setempat dan para relawan bergotong royong membantu warga untuk membersihkan material sisa-sisa banjir dan membantu untuk melakukan evakuasi serta bakti sosial guna meringankan beban masyarakat yang terkena musibah.

Kabidhumas juga menjelaskan aparat Polres Luwu masih berkoordinasi untuk mengetahui dengan pasti dampak longsor dan banjir bandang di Kabupaten Luwu Sulawesi Selatan
"(Kul indah)





×
Berita Terbaru Update