-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Gali Potensi, Desa Pulau Lemukutan Gandeng Polnep Pontianak

Wednesday | October 06, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-06T11:39:34Z
Star7tv.com - PROKOPIM Bengkayang - Kabupaten Bengkayang merupakan salah satu daerah yang memiliki kondisi geografis unik dibanding daerah lain di Kalbar. Dimana wilayahnya terbentang dari perbatasan RI-Malaysia, daerah pegunungan hingga perbatasan dengan laut Natuna.

Desa Pulau Lemukutan merupakan salah satu wilayah yang dimaksud. Terletak di Kecamatan Sungai Raya Kepulauan.

Daerah yang dikelilingi laut ini memiliki banyak potensi baik yang terdapat diperairan maupun didaratan pulau tersebut. Namun, belum semua mampu digali dan dimanfaatkan dengan maksimal.

Hal inilah yang melatarbelakangi Pemerintah Desa Pulau Lemukutan mengandeng salah satu Institusi Perguruan Tinggi di Kalbar, yakni Polnep Pontianak untuk melakukan pemetaan diwilayahnya.

Senin, 4 Oktober 2021. Beberapa hari yang lalu, Kades P.Lemukutan, Ahmad Yusuf menerima secara langsung kedatangan Dosen dan Mahasiswa Teknik Arsitektur Polnep Pontianak di Aula Balai Rakyat Satu Atap. Menurut Ahmad Yusuf, kedatangan itu merupakan tindaklanjut dari kerjasama antara Desa dengan Polnep.
Seperti disampaikan, Nunik Hasriyanti, Peneliti sekaligus Dosen Polnep yang mendampingi para mahasiswa, mengatakan bahwa kerjasama ini meliputi :
1. Program pemberdayaan masyrakat desa (P2MD) Kemendikbud Ditjen Vokasi.
2. Penelitian unggulan Perguruan Tinggi (kajian spasial tata ruang kawasan pesisir berbasis mitigazi bencana).
3. Program wirausaha mahasiswa (TASAGIS) pemetaan desa berbasis GIS, serta 
4. PKM  Diseminasi produk pemetaan kawasan pesisir berdasarkan potensi wisata pada kawasan konservasi di Desa Pulau Lemukutan.

"Semoga upaya yang dilakukan pihak Polnep ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Desa," ungkap Ahmad Yusuf. 

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Desa Pulau Lemukutan  Ahmad Yusuf, dihadiri oleh Perangkat Desa, Ketua BPD, Tokoh Masyarakat, Ibu PKK dan Organisasi Pemuda. Dan ditutup dengan penyerahan desain kemasan kepada Ibu PKK dan Kelompok Olahan Rumput Laut berupa kemasan budidaya perikanan dan kelautan serta penyerahan panel Program Pengabdian Masyarakat dan masterplan hasil tugas akhir mahasiswa D4 Desain Kawasan Binaan. (*)

Penulis : Erdiyansah
Sekretaris Desa Pulau Lemukutan.

(Rinto Andreas)


 


 


 






×
Berita Terbaru Update