-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Distan Pandeglang Berikan Pelatihan Terhadap Kelompok Tani di Kaduhejo

Friday | October 15, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-14T23:12:59Z
Star7tv.com - Pandeglang - Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Pandeglang melakukan pelatihan dan pemberian bibit Parian unggul kepada kelompok tani. Pelatihan tersebut dilakukan di Kampung Cempaka, Desa Saninten, Kecamatan Kaduhejo, Kamis (14/10) di Pandeglang.

"Pelatihan atau bimbingan teknis untuk perbenihan talas beneng ke kelompok tani yang ada di Desa Saninten, Kecamatan Kaduhejo. Bahkan pelatihanya pernah dibuka oleh Menteri Pertanian 13 0ktober 2020."kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang, Budi Januar, di Kaduhejo, Kamis (14/10).

Budi menceritakan, Kelebihan talas beneng dengan talas lain ialah bisa dilihat dari biaya produksi yang memang rendah. Selain itu, Kata Budi, talas bening mempunyai keunggulan dengan tumbuh cepat.

"Jadi lahan-lahan tidur yang selama ini tak ditanam, tapi ketika ditanami talas beneng sangat bagus untuk tumbuh. Selain itu, seluruh bagian dari talas beneng bernilai ekonomis, seperti daun ,pelepah dan umbi."tutur Budi.
Budi menyebut, talas beneng bisa meningkatkan UMKM masyarakat. Masyarakat di Pandeglang, bisa terbedayakan dan ini sudah mulai melakukan pertanaman dari hulu ke hilir."beber Budi.

Di tempat yang bersamaan, Ketua Kelompok Tani Cempaka, Dedi Muhdi (42) mengatakan 
UMKM yang ada di Kampungnya biasa disebut Kelompok Wanita Tani (KWT). Dedi menyebutkan, pihaknya telah mencoba, mulai dari budidaya sampai paska panaen.

"Kita sudah mencoba beberapa hasil olahan seperti bolu talas beneng, brownies talas beneng, nastar talas beneng, talas mie beneng dan makaroni beneng kami terus berinovasi selain daripada itu buat keripik talas beneng."tutur pria berkacamata tersebut.

Dedi menyebutkan, Untuk pembeli ada dari Provinsi  Banten,Sulawesi,Jambi,Sumatera Selatan, Surabaya. Sementara untuk permintaan dari Jogja  sekala permintaanya cukup besar dan pihaknya masih belum mampu untuk memenuhi kebutuhanya.

(HUSAERI)


 


 


 






×
Berita Terbaru Update