-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Diduga,Sungai Meranggau Tercemar Akibat Limbah Perusahaan Kepala Sawit Kelompok Tani Semalam Jaya

Thursday | August 12, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-08-12T16:00:34Z
Star7tv.com - Sanggau-Kalimantan Barat-,Warga RT 01 Dusun Sukadamai Desa Meranggau ngamuk sungai tercemar oleh limbah perusahaan perkebunan kelapa sawit Kelompok Tani Semalak Jaya. 

Kepada media ini Senin, 9-08-2021 Bonifasius selaku Kawil di Dusun Sukadamai mengatakan "Pada bulan Juli 2021 warga RT 01 Dusun Sukadamai melakukan pemortalan jalan milik perusahaan KTSJ", namun pemortalan jalan tersebut tidak berlangsung lama karena situasi segera mencair setelah pihak perusahaan melakukan mediasi kembali terkait permintaan masyarakat kepada perusahaan. 

Aksi pemortalan jalan tersebut merupakan bentuk kekecewaan masyarakat terhadap perusahaan yang tidak menepati janji untuk merealisasikan penyediaan air bersih sesuai kesepakatan antara perusahaan dengan masyarakat saat mediasi pada tanggal 27-04-2021 lalu.
 
Sangat disayangkan sikap perusahaan yang slow respon serta tidak peka terhadap hak dan tanggungjawab perusahaan terhadap masyarakat yang berada di sekitar lingkungan perusahaan beroperasional pungkasnya.

Selama ini untuk kebutuhan sehari-hari warga menggunakan sungai yang ada melintasi kampung. Namun setelah di perhuluan kampung hutan di explorasi oleh perusahaan, sungai menjadi keruh saat hujan dan tidak layak di konsumsi karena sungai tersebut telah terkontaminasi oleh zat kimia, baik dari pupuk maupun racun penyemprotan, tambah pak Serianto selaku tokoh masyarakat.

Kiranya muspika maupun muspida tidak tutup mata terhadap masalah yang terjadi di antara masyarakat dengan perusahaan. Agar kedepannya perusahaan bertanggung jawab terhadap lingkungan dan masyarakat pintanya.


(Rinto Andreas -Kaperwil Kalbar Star7tv.com/Faskalis)







 






×
Berita Terbaru Update