-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Niat Jala Ikan Warga Mojokerto Malah Dapat Buaya Sepanjang 2 Meter

Wednesday | July 07, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-07-07T11:30:14Z


Star7.com l Mojokerto-
Seekor buaya air tawar, atau buaya muara terjaring jala oleh warga di Dusun Damarsi Desa Kepuhanyar, Mojokerto, pada Selasa 6 Juli 2021.


Sujoko 43 tahun, warga Dusun Wonoayu Desa Kepuhanyar, yang biasa mencari ikan di Sungai Sadar itu menemukan buaya sepanjang 2 meter itu tersangkut di jala miliknya.


Kala itu, dia beraktivitas menjala ikan seperti biasa. Tak disangka di dalam jala ikan miliknya tiba-tiba seekor buaya loncat-loncat.


“Tidak sengaja, seumpama kelihatan buayanya ya tidak berani. Saya sempat terseret,” kata Sujoko kepada wartawan, Rabu 7 Juli 2021.


Kaget bukan main, karena sebelumnya ia tidak pernah mendapat buaya selama mencari ikan di sungai tersebut. Dia dibantu dia orang temannya untuk mengangkat buaya tesebut ke dasar sungai.


“Jalanya di rangkap dua sama jala punya teman saya. Kemudian kita tarik ke atas dibantu dua teman,” ujarnya.


Lantas buaya tersebut diangkatnya bersama kawannya. Buaya tersebut dibawa ke desa dan diikat agar tidak membahayakan. Menurut dia, warga setempat belum pernah melihat buaya di sungai tersebut.


“Sejak saya kecil tidak pernah melihat buaya,” ungkapnya.


Dia mengatakan, keberadaan buaya itu ditemukan di Sungai Sadar di kedalaman sekitar 1 meter. Saat ini buaya tersebut sudah diamankan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur.


“Sudah diambil BKSDA tadi, sekitar lima orang datang ke sini,” tegas Sujoko.


Usai mendapatkan buaya, jala ikan milik Sujoko dan temannya rusak parah. Akibatnya ia tidak bisa mencari ikan pembersih kaca yang biasa ia jual ke peternak bebek.


Namun, kerusakan jala Sujoko diganti oleh BKSDA Jatim sebagai imbalan karena telah mengamankan satwa yang dilindungi.


“Saya tidak mempermasalahkan imbalannya, yang penting dapat membeli jala lagi untuk kerja, karena itu mata pencaharian saya tiap hari,” bebernya.


Sujoko adalah pria yang berprofesi sebagai pencari ikan. Ia mencukupi kebutuhannya keluarga dari hasil mencari ikan pembersih kaca yang dijual kepada peternak bebek. Puluhan tahun ia menggeluti pekerjaan ini sudah puluhan tahun, baru kali ini dia mendapat seekor buaya saat mencari ikan.

(Imam Mura)






×
Berita Terbaru Update