-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Dugaan Pungli Oknum Panitia Pilkades di Kecamatan Sindangresmi, Ini Kata Ombudsman Banten

Sunday | July 04, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-07-03T18:28:09Z


Star7tv.com PANDEGLANG —Pihak Ombudsman Banten angkat bicara terkait  adanya dugaan Pungutan Liar (pungli ) yang dilakukan oleh oknum panitia Pilkades dikecamatan Sindangresmi Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten, sebesar Rp. 500.000 rupiah Sabtu, (03/07/2021).


Ombudsman Banten kepada awak media mengatakan bahwa jika kebijakan/penyelenggara Pilkades tidak sesuai aturan dalam menjalankan mekanisme pengawasan yang berlaku. Maka, sampaikan pengaduan secara resmi dan lengkap kepada DPMPD selaku pemangku pembinaan Pemdes atau kepada APIP agar bisa diproses.


"Jika terbukti ada penyimpangan aturan atau maladministrasi maka penyelenggara perlu memperoleh pembinaan hingga sanksi. Jika tidak terbukti, semua pihak hendaknya tetap menjaga kondusifitas,"katanya 


Menurut Ombudsman Banten adapun permasalahan tersebut bisa diadukan kepada Ombudsman jika setelah menyampaikan informasi atau laporan yang memadai kepada DPMPD maupun APIP tidak memperoleh tanggapan.


Sementara itu, Entus Mujani selaku ketua Ruang Jurnalis Nusantara (RJN) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kabupaten Pandeglang mengatakan bahwa tidak boleh adanya pungutan dalam bentuk apapun karena biaya Pilkades sudah didanai oleh pemerintah jadi oknum panitia yang melakukan pungutan sudah termasuk Pungli dengan dalih apapun itu tidak dibenarkan.


"Menurut Undang-undang nomor 31 tahun 1999 Jo undang-undang no. 20 tahun 2001 Pungli merupakan tindakan pidana korupsi, untuk itu oknum panitia Pilkades yang melakukan pungli harus diproses sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,"katanya. (Hsr/red)






×
Berita Terbaru Update