-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Sungai Cibungur Dangkal, Yoyon Sujana : Tak Ada Alasan Penanaman Mangrove Itu Sudah Salah Kaprah

Friday | June 25, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-06-25T16:11:33Z


Star7tv.com Pandeglang — Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Banten Fraksi Demokrat, sekaligus Wakil Ketua DPRD Komisi II, Yoyon Sujana menegaskan bahwa pendangkalan Sungai Cibungur berpotensi menyebabkan banjir di wilayah Panimbang dan sekitarnya.


Hal tersebut tim awak media turun ke lapangan untuk melihat langsung ke lokasi yang dikeluhkan oleh Yoyon Sujana pada Jum'at, 25/06/2021.


"Saya merasa terkejut melihat Sungai Cibungur yang dangkal dan diatasnya tertanam begitu banyak pohon Mangrove. Sepertinya baru-baru ini telah ditanami entah siapa yang menanamnya, yang jelas itu salah,"ungkapnya.


Dijelaskannya, bahwa ada pendangkalan dihilir sungai Cibungur sebagai akibat penanaman mangrove yang tidak sesuai dengan tata letak dan fungsinya.Seharusnya mangrove ditanam di pinggir pantai untuk menahan abrasi sekaligus menjadi area tumbuh kembangnya biota laut.


Anggota DPRD Pandeglang yang dikenal sangat kritis ini juga mengatakan kegiatan penanaman mangrove sudah salah kaprah.


"Dulu begitu sulit untuk membuat codetan, meski akhirnya ada codetan yaitu sungai dan Jembatan Tegal Papak yang tujuannya untuk antisipasi banjir dan luapan air, masa sekarang sungai yang ada dan berfungsi normal malah ditanami Mangrove,"katanya tegas.


Yoyon Sujana juga menyesalkan kegiatan tersebut seharusnya Mangrove ditanam di pinggir pantai untuk menahan abrasi sekaligus menjadi area tumbuh kembangnya biota laut.


"Saya meminta kepada pihak yang berkompeten menangani hal tersebut agar segera menurunkan alat berat dan dilakukan pengerukan supaya fungsi sungai kembai sesuai dengan yang semestinya,"tuturnya. (Hsr/red)






×
Berita Terbaru Update