-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Ratu Dewa : Kepala Sekolah Diminta Hati-Hati Kelola Dana BOS

Friday | June 11, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-06-11T09:50:09Z


star7tv.com.palembang-
Kepala Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) diimbau untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan atau mengelola Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).


Sekretaris Daerah Kota Palembang,Ratu Dewa mengatakan,dalam implementasi penafsiran dana BOS bermacam-macam.Oleh karena itu,untuk menyamakan persepsi Kepala Sekolah dikumpulkan oleh Kejaksaan Tinggi agar lebih menaati regulasi.


"Hal ini dilakukan seperti semacam sadar hukum dalam mengecek ulang aliran dana BOS.Ini merupakan warning,rambu-rambu dalam penggunaan dana BOS diharapkan bisa tahu dulu ini rambu-rambunya ,"kata Dewa,Jumat (11-06-2021).


Dewa mengatakan,dirinya mengimbau seluruh Kepala Sekolah baik SD maupun SMP se-Kota Palembang untuk hati-hati dalam menggunakan dana BOS.


"Kita harapkan Kepala Sekolah untuk mentaati semua regulasi yang ada sehingga dalam penggunaan dana BOS ini dapat dilakukan dengan baik ,"ujar Dewa.


Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang,Ahmad Zulinto mengatakan,pencairan dana BOS dilakukan tiga tahap dengan skema 30-40-30.

Diketahui,angka pagu dana BOS sekolah Negeri dan Swasta Palembang mencapai Rp 159 miliar.


Setiap sekolah menerima BOS dengan perhitungannya untuk SD Rp 900 ribu per orang dikali jumlah siswa,untuk SMP Rp 1,1 juta dikali jumlah siswa.


Pada tahap I,Dinas Pendidikan melakukan review pencairan dana BOS dengan bantuan Kejaksaan dan Inspektorat Kota Palembang.Review di tahap I difungsikan ini jika laporan benar,bagus terbukti dengan akuntabilitas maka akan bisa mencairkan dana selanjutnya.


Zulinto menambahkan,sehingga kegiatan dan penggunaan dana BOS menjadi tidak sembarang dan tepat pada fungsinya.

"Jadi tak asal-asal cair,jadi memang harus benar-benar laporannya atau Administrasinya harus sesuai dulu.Kalau tidak,tak akan kita cairkan ,"tutup Zulinto.


Penulis : EDI PIRANG


 


 


 






×
Berita Terbaru Update