-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Dr. Tambok Niur : Walau Telah Dinyatakan Sehat dan Bebas Covid19, Pasien Bisa Terpapar Kembali

Saturday | June 05, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-06-05T16:51:36Z


Star7Tv.com Babel —Akhirnya Dr Tambok Tiur Marlina M Biomed, AAM selaku dokter yang bertugas di Puskesmas Muntok, mengeluarkan surat pernyataan sehat Covid19 atas nama Ika Indriani Sari, wartawan pertama yang terpapar virus Covid19 di wilayah Bangka Barat. 


" Telah menjalani masa observasi sejak tanggal 27 Mei 2021 dan 3 hari terakhir sudah tidak ditemukan gejala dan tanda infeksi corona virus disease covid19 dan selanjutnya pada saat ini dinyatakan sehat," bunyi isi surat keterangan yang ditandatangani dr Tambok Tiur di Puskesmas Muntok, Sabtu (5/6/2021) 


Dalam penjelasannya dr Tambok Tiur mengatakan pada saat pasien dinyatakan positif covid19 dan tidak terdapat gejala pada umumnya seperti hilangnya rasa dan bau, disebabkan pasien pernah menerima 2 kali vaksin, sebelum akhirnya terpapar. 


" Karena kan covid itu kan tidak pandang bulu, semua bisa terkena, cuma itulah ada kelebihan, kalau orang yang sudah divaksin seperti Mbak Ika, Mbak terus kena covid, namun tanpa keluhan, berarti itulah fungsinya vaksin, keluar itu fungsinya. Karena untuk menjaga kekebalan tubuh Mbak supaya tidak drop ketika terpapar virus covid, beda kalau Mbaknya belum divaksin terus kena covid, belum tentu Mbak bisa bertahan seperti sekarang ini," jelasnya 


Dia juga menampik berita miring tentang pemberian vaksin yang tidak berpengaruh apa-apa pada tubuh, bahkan dia menyebutkan dengan vaksin itulah tubuh bisa menahan serangan virus yang datang. 


" Itulah fungsinya vaksin yang diberikan Jadi bukan karena "itulah kamu karena divaksin, makanya kamu kena", No!! bukan itu ya. Tapi input dari vaksin tersebut terhadap tubuh seseorang ketika terpapar virus, dia bisa tetap dalam kondisi bisa menerima serangan virus tadi, dengan adanya vaksin yang sudah didapat," ungkapnya 


Ketika ditanya, apakah pasien setelah dinyatakan sembuh dari covid19, bisa terpapar kembali? dr Tambok Tiur menegaskan sangat bisa. 


" Bisa terkena kembali karena dia menyerang sistem kekebalan tubuh, imun kita yang diserang jadi ketika kita dalam kondisi lelah dalam kondisi tidak baik stamina tubuhnya, disitulah dia bisa datang cepat, dia bisa menyerang tubuh seseorang," imbuhnya 


dr Tambok Tiur berpesan untuk menjaga keseimbangan hidup kendati rutinitas padat, serta diharapkan pasien dapat melihat bahwa tubuh mempunyai parameter dan batasan. 


" Jadi ketika aktivitas tinggi, kita tetap berpikir bahwa tubuh kita pun punya respon yang cepat harus ditangkap, seperti saat kita mulai dalam kondisi lelah, lapar, haus, ngantuk, itu respon tubuh, harusnya kita sadari itu ketika kita menjaga hidup yang seimbang, gaya hidup yang baik, pola makan yang sehat, itu nanti akan menyeimbangkan hidup kita, menetralisir kondisi, dimana kondisi yang tak terduga bisa terjadi dan menyerang badan kita," tukasnya 


Adapun bagi pasien yang sudah terkena covid19 dan telah menjalani isomannya, dr Tambok Yiur menyarankan untuk tidak lengah dan merasa telah terbebas dari virus covid19 tersebut dengan tetap menerapkan prokes yang ketat. 


" Walaupun sudah menjalani isoman dan sudah vaksin, prokes harus tetap ketat dilaksanakan, seperti memakai masker jika keluar, menghindari kontak yang nggak perlu, mengkonsumsi vitamin, rajin mencuci tangan dan tentunya menyeimbangkan pola hidup yang sehat," pungkasnya(Abang han)

×
Berita Terbaru Update