-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Sebanyak 8,3 Ton di Temukan Ikan Giling Berformalin

Saturday | May 01, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-05-01T06:09:52Z


Star7tv.com Palembang —Masyarakat Kota Palembang diminta untuk harus lebih waspada saat hendak membeli ikan giling,terutama jenis ikan kakap.Ikan giling sendiri saat ini banyak dibutuhkan oleh masyarakat terutama menjelang hari raya Idul Fitri.


Sebab, tim gabungan dari Unit Pidsus Satreskrim Polrestabes Palembang bersama Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Sumsel,serta Balai Karantina Ikan Kelas I dan Dinas Perikanan Kota Palembang berhasil membongkar sindikat perdagangan besar ikan giling yang mengandung formalin.


Sebanyak 8,3 ton ikan giling jenis kakap dengan merk Isti mengandung formalin berhasil diamankan dari Pasar Ikan Induk Jakabaring,Kelurahan 15 Ulu,Kecamatan Jakabaring Palembang.


Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Irvan Prawira Satya Putra,mengatakan,pihak distributor ikan giling berformalin tersebut diduga telah 1 tahun beroperasi di Kota Palembang ,"katanya,Sabtu (01 Mei 2021).


"Menjelang hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah semua bahan pokok permintaannya tinggi,sehingga pihak pemasok menambah pasokan,dan ditemukan lah ada yang mengandung bahan berformalin tersebut ,"urainya yang didampingi Kasad Reskrim Kompol Tri Wahyudi dan Kasad Pidsus AKP Iwan Gunawan.


Dikatakan Irvan,formalin dalam ikan giling tersebut melebihi kadar bahan pangan yang ditetapkan,sehingga sangat membahayakan jika di konsumsi oleh masyarakat.



Dari hasil pengungkapan tersebut diamankan 2 orang yakni dari PT VI dan Z.Keduanya merupakan distributor ikan giling yang ada di Kota Palembang.

"Kini kita sedang kembangkan dari mana asal ikan giling merk Isti,dan dari Kota dan Provinsi mana.Akan menjadi catatan kami ,"tandas Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Irvan.


EDI PIRANG/red






×
Berita Terbaru Update