-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Urus Sertifikat Tanah di BPN Gratis

Monday | April 19, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-04-19T02:34:38Z


star7tv.online l palembang-
Bagi masyarakat yang memiliki tanah tetapi belum bersertifikat,dapat mengajukan ke Kantor Badan Pertanahan Nasional(BPN) Kota Palembang.BPN mengklaim untuk mendapatkan sertifikat tidak dikenakan atau GRATIS.


Kepala Badan Pertanahan Nasional(BPN) Kota Palembang Ahmad Aminullah mengatakan,tahun ini pihaknya menargetkan sebanyak 7000 bidang tanah di Kota Palembang bersertifikat.


Masyarakat dapat mengajukan bidang tanah yang belum bersertifikat melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).


Ia mengimbau agar masyarakat dapat mengurus sendiri,tidak perlu lagi melalui calo,karena loket pelayanan BPN untuk pengurusan sertifikat telah disediakan.


"Bukan berarti kami melarang ce,silahkan berkunjung ke Kantor langsung ke loket,bila melalui loket pelayanan masyarakat dapat mengerti soal pertanahan itu timbul.Kami akan bantu penyelesaian permasalahan pertanahan juga ," terang Aminullah.


Permasalahan sengketa tanah tetap muncul seiring perkembangan pesat suatu Kota dan meningkatnya kebutuhan bidang tanah.Meski begitu,mereka berkomitmen untuk menyelesaikan kasus tersebut.


"Kami juga libatkan masyarakat dalam pemetaan,seperti Ketua RT yang ikut terlibat karena mereka lebih mengetahui bidang tanah dilokasi yang akan dipetakan ," katanya.


Untuk proses persertifikatan melalui program PTSL memang tidak dikenakan biaya karena semuanya telah dibiayai oleh Negara.


"Tapi bukan artinya gratis atau nol rupiah.Kalau masyarakat belum punya KTP,KK pasti ada biayanya entah untuk materai atau foto copy ," jelasnya.


Lanjut dia,tidak ada klasifikasi bidang tanah yang masuk dalam program PTSL,mau aset Pemkot,aliran Sungai,batas RT sampai Kelurahan juga ikut dipetakan.


"Kami ingin menjadikan persertifikatan lengkap sehingga kasus sengketa tidak muncul.Harapan kami masyarakat dapat menjaga bidang tanah mereka dengan melakukan persertifikatan ,"harapnya.

Penulis : EDI PIRANG






×
Berita Terbaru Update