-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Pungli Sertifikat Tanah Cium Keterlibatan Oknum BPN

Friday | April 16, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-04-16T10:44:37Z


Star7tv.online Palembang - Kejaksaan Negeri (Kejari) OKU Timur kini terus mendalami dugaan adanya aliran dana dalam praktek Pungutan Liar ( Pungli) yang dilakukan oleh mantan Kepala Desa (Kades) Tanjung Bulan ke Oknum Badan Pertahanan Nasional ( BPN).


Pada 2016,Desa Tanjung Bulan mendapatkan kouta pembuatan sertifikat tanah gratis sebanyak 247 sertifikat,dan pada 2017 mendapatkan kouta sebanyak 64 sertifikat.


Kejari OKU Timur Akmal Kodrad melalui Kasi Pidsus Aci Jaya Saputra mengatakan,pada,rentang 2016-2017,BPN Kabupaten OKU Timur mengadakan program prona pembuatan sertifikat tanah untuk masyarakat secara gratis,Namun,pada kenyataannya program tersebut malah dimanfaatkan oleh mantan Kades Tanjung Bulan.


Kemungkinan ada oknum dari BPN yang terlibat,nanti akan kami kejar apakah ada aliran uang juga ke Oknum BPN tersebut ," ujarnya, Jumat (16 April 2021).


Diketahui,Kejari OKU Timur mengamankan mantan AT,mantan Kepala Desa (Kades) Tanjung Bulan Kecamatan Buay Madang,Kabupaten OKU Timur,yang diduga melakukan Pungli Pembuatan Sertifikat Tanah pada tahun 2016-2017.



AT  yang pada saat itu menjabat sebagai Kades Tanjung Bulan,Kecamatan Buay Madang,Kabupaten OKU Timur melakukan sosialisasi bahwa pembuatan Sertifikat Tanah dikenakan biaya sebesar Rp 1,5 juta.


Akibat perbuatannya yang melanggar Pasal 12 E dan Pasal 11 UU Nomor 20 Tahun 2021, AT terancam pidana minimal 4 tahun kurungan penjara.


Maka dari itu kami informasikan mulai dari tingkat yang paling bahwa yaitu RT diminta agar jangan sampai melakukan praktek pungli dalam pengurusan pembuatan Sertifikat Tanah secara gratis ," tegasnya.


EDI PIRANG/red


 


 


 






×
Berita Terbaru Update