-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Hujan Deras Disertai Angin Kencang Tumbangkan Banyak Pohon Di Palembang

Saturday | April 10, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-04-10T11:50:36Z


stat7tv.online l palembang-
Hujan dan disertai angin yang cukup kencang mengakibatkan belasan pohon tumbang dan beberapa fasilitas masyarakat yang rusak hingga kelistrikan terganggu akibat terjangan angin yang cukup kencang,dengan kecepatan angin 70 kilometer per jam yang terjadi pada hari ini,Sabtu (10 April 2021).


Kepala Unit Analisa dan Prakiraan Stasiun Meteorologi SKB II Palembang,Shinta Andayani mengatakan,berdasarkan anometer BMKG SKB II mencatat kecepatan angin ketika itu mencapai 37 knot 70 kilometer per jam.Ini merupakan kecepatan tertinggi angin di tahun 2021.


Namun disekitar Kecamatan Ilir Barat I,data citra radar mendekati kecepatan angin tertinggi mencapai 50 knot atau 93 kilometer per jam.

"Untuk kecepatan angin maksimum yang tercatat di anometer BMKG SKB II 37 knot atau sekitar 70 kilometer per jam.Namun di citra radar satelit di sekitar Kecamatan Ilir Barat I tercatat mencapai 93 kilometer per jam,ini merupakan catatan tertinggi hari ini,sebab bulan Februari pernah tercatat 65 kilometer per jam.Hujan dari data yang terukur di BMKG SKB II 5,5 mm katagori ringan ," kata Shinta.


Dia melanjutkan,dari analis streamline menunjukkan wilayah Sumsel khususnya Palembang dan sekitarnya terdapat daerah pertemuan massa udara (Konvergensi) hal ini menyebabkan pertumbuhan awan hujan yang cukup intensif.


"Terutama awan comulonimbus yang banyak menyebabkan hujan lebat,angin kencang dan kilat serta petir Ciri khas yang perlu masyarakat ketahui awan ini berwarna abu-abu gelap atau hitam,gerakannya seperti berjalan mendekati dengan cepat.

Biasanya angin kencang,kilat dan petir mendahului kedatangan awan ini baru disertai hujan ," jelasnya.


Jika ada tanda-tanda munculnya awan comulonimbus tersebut,ia mengimbau agar masyarakat untuk waspada akan potensi bencana yang bisa terjadi seperti pohon tumbang dan lainnya ," imbuhnya.

Penulis : EDI PIRANG






×
Berita Terbaru Update